PERANGKAT KOMPUTER
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG 3
1.2 RUMUSAN MASALAH 5
1.3 TUJUAN 5
BAB II PEMBAHASAN
2.1 PERKEMBANGAN HARDWARE 6
2.2 PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI 14
2.3 PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PAKET APLIKASI 23
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN 26
3.2 SARAN 26
DAFTAR
PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
ucapkan kehadirat Allah Yang Maha Esa yang telah memberikan kesehatan dan
kemudahan kepada kami untuk dapat mengerjakan dan menyelesaikan MAKALAH
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER yang berjudul PERANGKAT KOMPUTER. Makalah ini dibuat untuk mengetahui, perkembangan hardware, perkembangan perangkat lunak
sistem operasi, danperkembangan perangkat lunak paket aplikasi
Makalah ini disusun secara sistematis sehingga memudahkan pembaca untuk
mengetahui isi dari makalah ini. Melalui makalah ini di harapkan para mahasiswa dapat memahami tentang demokrasi
dan pendidikan .
Makalah yang kami buat ini tentunya masih banyak kekurangan, oleh karena
itu kami mengharapkan saran dan masukan yang bersifat konstruktif demi
kesempurnaan makalah ini.
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Terciptanya
komputer diawali dengan perkembangan alat hitung, dalam meninjau perkembangan
komputer kita tak lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang
sekarang masih digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama
sempoa) alat ini berasal dari Timur Tengah dikena di Eropa pada Marcopolo.
Komputer digunakan orang untuk meningkatkan hasil kerja dan
memecahkan berbagai masalah. Yang menjadi pemroses data atau pemecah
masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk terkecil dari perangkat lunak
adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika (AND, OR, >, <, =). Dari
operasi dasar ini disusun program atau perangkat lunak.
Di tahun 1980 masih
banyak diantara kita di Indonesia yang belum melek komputer, sehingga pada saat
itu kita sudah sangat bangga jika menggunakan mesin ketik elektronik. Tahun
1987, kita mulai mengenal komputer ber-prosesor 286, dimana untuk
menghidupkannya masih menggunakan disket DOS. Selain itu sistem operasi pada saat
itu msih belum open system, sehingga sistem PC tidak dapat berkomunikasi dengan
sistem lainnya yaitu Mac. Untuk mengirimkan files kepada seseorang yang
berlainan kota, kita masih membutuhkan jasa pos atau kurir. Tahun 1990, orang
Indonesia dengan bangganya menenteng organizer elektronis bermemori 2 MB untuk
dapat disebut melek teknologi.
Komputer membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada
saat diinput akan diterjemahkan menjadi bilangan biner. Mesin komputer
memproses fakta atau data menjadi suatu informasi yang berguna bagi
penggunanya. Dengan Komputer diharapkan dapat meningkatkan hasil kerja dan
memecahkan berbagai masalah. Sebelum menjadi informasi data tersebut diproses
melalui hardware yang terletak pada CPU dengan menggunakan perangkat lunak.
Perangkat lunak atau software adalah program dari komputer.
Perangkat lunak
adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses pengolahan data.
Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat
machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan
manusia). Di dalam teori informasi, disusun hirarki informasi, mulai dari data/
fakta, kemudian setelah proses seleksi dan pengurutan menjadi sesuatu yang
berguna menjadi informasi. Informasi yang di susun secara sistematis dengan
suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan). Perangkat Keras
tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak begitu pula sebaliknya
perangkat lunak tidak berfungsi tanpa adanya perangkat keras. Kedua perangkat tersebut
memang saling berkaitan sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik.
Perkembangan teknologi terutama dalam perangkat keras terus diimbangi oleh
perangkat lunaknya sehingga penggunaan komputer lebih maksimal.
Perangkat
keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang
berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang
menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan lunak sedikit buram, firmware adalah
perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras.
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama
perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat
nya bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk
nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Karena perkembangan teknologi
semakin canggih dari tahun ke tahun, maka dengan ini saya akan membahas makalah
tentang “Pekembangan Perangkat komputer”. Semoga dapat memberikan sedikit
pengalaman bagi yang membaca.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1. Menjelaskan perkembangan handware beserta fungsi dan macam- macamnya
2. Menjelaskan perkembangan perangkat lunak sistem opresi dan contohnya
3. Menjelaskan perkembangan perangkat lunak paket aplikasi dan contohnya
1.3 TUJUAN
1.
Untuk mengetahui perkembangan
beserta fungsi dan macam - macam handware ?
2. Untuk mengetahun perangkat lunak sistem opresi beserta contohnya ?
3. Untuk
mengtahui perkembagan perangkat lunak paket aplikasi dan contohnya ?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
PERKEMBANGAN HARDWARE
Handware
adalah Perangkat keras,
suatu alat yang
bisa dilihat dan
diraba oleh manusia
secara langsung, yang mendukung
proses komputerisasi. Penjabarannya
adalah Perangkat keras, merupakan salah satu element dari
sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara
langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Dalam bahasa Indonesia disebut
dengan perangkat keras. Merupakan perangkat yang dapat kita lihat
dan dapat kita
sentuh secara fisik,
seperti perangkat perangkat masukan, perangkat
pemroses, maupun perangkat keluaran.
Peralatan ini umumnya
cukup canggih. Dia
dapat bekerja berdasarkan
perintah yang ada padanya, yang disebut juga dengan
instruction set. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh mesin tersebut,
maka perintah tersebut
melakukan berbagai aktifitas
kepada mesin yang dimengerti oleh mesin tersebut sehingga
mesin bisa bekerja berdasarkan susunan perintah yang didapatka olehnya.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang
merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja
sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi,
akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan
baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras
(hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input
divice (unit masukan)
2.
Process device (unit Pemrosesan)
3.
Output device (unit keluaran)
4.
Backing Storage ( unit penyimpanan)
5.
Periferal ( unit tambahan)
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu
terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar
digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan
sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk
merekam suara ke dalam komputer.
Data
yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
a.
a. Keyboard
|
![]() |
Keyboard merupakan unit
input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta
sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya
yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard sekarang
yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan
wireless.
|
b. Mouse
|
![]() |
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface).
|
c.Touchpad
|
![]() |
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu
dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai
pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis
yaitu pointing stick dan trackball.
|
d. Light Pen
|
![]() |
Light
pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design
gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor
bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
|
e. Joy Stick
dan Games Paddle
|
![]() |
Alat
ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya
berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau
persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan
mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
|
f. Barcode
|
![]() |
Barcode
termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical
yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya
menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia
untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
|
g. Scanner
|
![]() |
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori
komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi
scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy
hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam
bentuk file text maupun file gambar.
|
h.Kamera Digital
|
![]() |
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar
lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang
menggunakan scanner
|
e.Mikropon dan Headphone
|
![]() |
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Penggunaan mikropon ini
tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima
input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
|
j. Graphics Pads
|
![]() |
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Cara kerjanya
adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi
dengan pensil.
|
2. Process device (unit Pemrosesan)
Yakni alat pengolah dan pemroses data. Pada bagian
inilah seluruh data yang diberikan oleh Input Device diolah dan diteruskan
kepada Output Device. Seluruh kerja komputer amat bergantung pada
komponen-komponen pada bagian ini.
a.
Power
Supplay
|
![]() |
Lower supplay menyediakan
arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik
dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power
supplay menentukan kwalitas kinerja komputer.
|
b.
RAM (Random
Access Memory)
|
![]() |
RAM
merupakan singkatan dari Random Access Memory. Memory atau RAM merupakan
sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan
data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data
penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi
|
c.
Prosesor
|
![]() |
Pengertian
Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer.
Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang
memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu
di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.
|
d.
Motherboard
|
![]() |
Motherboard
atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik
saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada
motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu
grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
|
3.
Output device ( Unit keluaran )
Adalah peralatan keluaran
hasil dari proses data. Perangkat keras komputer yang digunakan untuk
menampilkan atau menyampaikan informasi hasil pengolahan/pemrosesan data kepada
pengguna komputer melalui perangkat keluaran seperti :
a.
Monitor
|
![]() |
monitor
komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah
berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang
berbeda.
|
b.Printer
|
![]() |
Printer
merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang
berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari
komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga
macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser
jet.
|
b.
Speaker
|
![]() |
Sepaker
di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan
cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
|
4.
Backing Storage ( unit penyimpanan)
a.
Harddisk
(HDD)
|
![]() |
Harddisk
bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah
sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat
penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Data
yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan
listrik.
|
5.
Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam
unit tambahan atau periferal antara lain
a.
Modem
|
![]() |
Modulator
adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses
“menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke
sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu
(seperti media kabel atau udara).
|
b.
kartu
suara
|
![]() |
Kartu
suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah
sebagai pelengkap dari komputer.
|
2.2
PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI
A. PENGERTIAN SISTEM OPERASI
Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau
software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras
dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi
seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah
kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating
System, atau biasa di singkat dengan OS.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan
pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.
Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan,
dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software
itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori,
skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak
perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan
dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan
umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi
Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka
Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan
software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas
penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat
berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi
software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap
peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa
aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang
tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu
yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Dalam banyak kasus, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka
dari fungsi-fungsi standar, dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi
itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru, tidak perlu membuat
fungsi-fungsi tersebut dari awal. Sistem Operasi secara umum terdiri dari
beberapa bagian:
3.
Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input
dari pengguna
4.
Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi
dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5.
Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal,
sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja
yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem
Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu
yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking
Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem
Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada
input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan
asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering
disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS.
Sebagai contoh, yang dimaksud sistem operasi itu antara lain
adalah Windows, Linux, Free BSD, Solaris, palm, symbian, dan sebagainya.
B.
SEJARAH SISTEM OPERASI
Menurut Tanenbaum,
sistem operasi mengalamiperkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi
kedalam empat generasi:
1. Generasi
Pertama (1945-1955)
Generasi pertama
merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti
sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung
terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan
kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer
diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
2. Generasi
Kedua (1955-1965)
Generasi kedua
memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu
rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer
belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah
ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
3. Generasi
Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini
perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai
sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara
on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak
pengguna sekali gus) dan multi- programming (melayani banyak program sekali
gus).
4. Generasi
Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem
operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari
keberadaan komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada
masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface
yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa
ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi
berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai
kinerja yang lebih baik.
C. TUGAS-TUGAS SISTEM OPERASI
Tugas-tugas
sistem operasi diantaranya:
1.
Menyediakan antarmuka pengguna (user interface),
berupa:
a. Melakukan perintah (command-base
user interface) dalam bentuk teks.
b. Mengarahkan menu (menu driven).
c. Antarmuka unit grafik (graphical
user interface-GUI).
d. Kombinasi ikon dan menu untuk
menerima dan melaksanakan perintah.
2.
Menyediakan informasi yang berkaitan dengan hardware, yaitu
berupa perangkat yang aktif atau pasif, dan mengendalikan perangkat I/O.
3.
Melakukan tugas pengolahan dan pengendalian sumber daya
dalam sebuah proses sebagai berikut:
a. Multitasking, yaitu melakukan tugas secara
serentak atau sekaligus pada aplikasi yang sama maupun berbeda.
b. Multiprocessing, penggunaan atau pemrosesan sebuah
program secara serentak oleh beberapa unit CPU.
c. Timesharing, menggunakan sistem komputer yang
sama pada banyak pengguna.
d. Multithreading, memproses aktivitas pada bentuk yang
sama dengan multitasking tetapi pada aplikasi tunggal.
e. Scalability dan Network, upaya komputer
dalam mengendalikan dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan jumlah pengguna
dan memperluas pelayanan.
4.
Pengelolaan file dan direktori data, yaitu memastikan
file-file dalam penyimpanan sekunder tersedia jika diperlukan, dan mengamankan
dari pengguna yang tidak diizinkan.
D. LAYANAN SISTEM OPERASI
Seiring dengan berkembangnya Sistem Operasi, semakin banyak
lagi layanan yang menjadi layanan inti umum. Kini, sebuah OS mungkin perlu
menyediakan layanan network dan koneksitas internet, yang dulunya tidak menjadi
layanan inti umum. Sistem Operasi juga perlu untuk menjaga kerusakan sistem
komputer dari gangguan program perusak yang berasal dari komputer lainnya,
seperti virus. Daftar layanan inti umum akan terus bertambah.
Sebuah sistem operasi yang baik harus memiliki layanan
berupa eksekusi program, operasi I/O, menipulasi sistem file, komunikasi, dan
deteksi kesalahan. Dalam pemakaian secara multiuser sistem dapat lebih
menguntungkan yaitu lebih efisien karena pemakaian sumber daya bersama antara
pengguna. Sebagai fungsi layanan bersama tersebut maka sistem operasi akan
memberikan efisiensi pengguna sistem berupa:
·
Resource allocator, yaitu mengalokasikan sumber daya ke
beberapa pengguna atau pekerjaan yang berkalan pada saat yang bersamaan.
·
Protection, menjamin akses ke sistem sumber daya yang dikendalikan
(akses pengguna ke sistem menjadi terkendali)
·
Accounting, yaitu merekam kegiatan pengguna, jatah pemakaian sumber
daya (keadilan atau kebijakan)
Eksekusi program merupakan kemampuan sistem untuk memuat
program ke memori dan menjalankan program. Pengguna tidak dapat secara langsung
mengakses sumber daya hardware, sistem operasi harus menyediakan mekanisme
untuk melakukan operasi I/O atas nama pengguna. Manipulasi sistem file adalah
kemampuan program untuk melakukan operasi pada file (membaca, menulis, membuat
dan menghapus file). Komunikasi adalah pertukaran data atau informasi antar dua
atau lebih proses yang berada pada satu komputer (atau lebih). Deteksi
kesalahan (error) adalah menjaga kestabilan sistem dengan mendeteksi
error hardware maupun operasi.
E. Struktur Sistem Operasi
Silberschatz, Galvin, Gagne (2003), berpendapat bahwa
umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut:
·
Manajemen proses
·
Manajemen memori utama
·
Manajemen memori skunder
·
Manajemen sistem I/O (input/output)
·
Manajemen file
·
Sistem proteksi
·
Jaringan
·
Sistem command interpreter
a.
Manajemen
proses
Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor
adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi
program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan
instruksi.
Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada
suatu komputer. Sedangkan proses adalah suatu bagian dari program yang
berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasan
Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan
program. Pada Sistem Operasi modern, pada satu saat tidak seluruh program
dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut.
Sedangkan bagian lain dari program tersebut tetap beristirahat di media
penyimpan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut
dimuat di memory dan dieksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat menghemat
pemakaian memori.
Beberapa sistem hanya menjalankan satu proses tunggal dalam
satu waktu, sedangkan yang lainnya menjalankan multi-proses dalam satu waktu.
Padahal sebagian besar sistem komputer hanya memiliki satu prosesor, dan sebuah
prosesor hanya dapat menjalankan satu instruksi dalam satu waktu. Maka bagaimana
sebuah sistem prosesor tunggal dapat menjalankan multi-proses? Sesungguhnya
pada granularity yang sangat kecil, prosesor hanya menjalankan satu proses
dalam satu waktu, kemudian secara cepat ia berpindah menjalankan proses
lainnya, dan seterusnya. Sehingga bagi penglihatan dan perasaan pengguna
manusia, seakan-akan prosesor menjalankan beberapa proses secara bersamaan.
Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah
PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses
tersebut, yaitu: sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan
menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi
lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran
yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses
yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau
dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih
rendah. Suatu sistem operasi dapat saja menentukan semua proses dengan
prioritas yang sama, sehingga setiap proses memiliki kesempatan yang sama.
Sistem operasi bertanggung jawab atas aktifitas-aktifitas yang berkaitan dengan
manajemen proses seperti:
·
Pembuatan dan penghapusan proses user dan sistem proses
·
Menunda atau melanjutkan proses
·
Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi
·
Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi
·
Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
Status Proses
Jenis status yang mungkin dapat
disematkan pada suatu proses pada setiap sistem operasi dapat berbeda-beda.
Tetapi paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu:
1.
Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada
giliran berikutnya
2.
Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh
prosesor
3.
Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada
saat prosesor siap/bebas
b.
Manajemen memori utama
Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah
array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai
ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte
mempunyai alamat sendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan
yang akases datanya digunakan oleh CPU atau perangkat I/O. Memori utama
termasuk tempat penyimpanan data sementara (volatile), artinya data
dapat hilang begitu sistem dimatikan. Sistem operasi bertanggung jawab atas
aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manajemen memori seperti:
·
menjaga track memori yang sedang diguanakan dan siapa
yang menggunakannya
·
memilih program yang akan di-load ke memori.
·
Mengalokasikan dan men-dealokasikan ruang memori sesuai
kebutuhan.
c.
Manajemen
memori skunder
Data
tersimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil.
Oleh karenan itu, untuk menyimpan keseluruhan data dan program komputer
dibutuhkan secondary storage yang bersifat permanen dan mempu menampung
data dengan ukuran besar. Contoh dari memori skunder adalah harddisk, disket,
USB flash disk, dan lain-lain. Sistem operasi bertanggung jawab atas
aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan disk managementi seperti free
space management, alokasi penyimpanan, dan penjadwalan disk.
d. Manajemen sistem I/O
Manajemen sistem I/O biasa juga disebut sebagai device
manager, yang bertugas menyediakan device driver´yang umum sehingga
operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh:
pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca file pada hard disk,
CD-ROM dan disket. Komponen sistem operasi untuk sistem I/O adalah sebagai
berikut:
·
Buffer: berfungsi untuk sementara menampung data dari/ke perangkat
I/O.
·
Spooling: melakukan penjadwalan pemakaian I/O sistem supaya lebih
efisien (antrian dan sebagainya).
·
Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi
detail untuk hardware I/O tertentu.
e.Manajemen file
File adalah sekumpulan informasi yang berhubungan sesuai
dengan tujuan pembuat berkas tersebut. Berkas dapat mempunyai struktur yang
bersifat hirarki (direktori, volume, dan lain-lain). Tanggung jawab sistem
operasi adalah:
·
Pembuatan dan penghapusan file
·
Pembuatan dan penghapusan direktori
·
Mendukung manipulasi file dan direktori
·
Memetakan file ke secondary storage
·
Melakukan backup file ke media penyimpanan permanen (non
volatile)
f.
Sistem proteksi
Proteksi mengacu pada mekanisme
untuk mengendalikan akses yang dilakukan oleh program, prosesor, atau pengguna
ke sistem suber daya. Mekanisme proteksi seharusnya:
·
Dapat membedakan antara pengguna yang diizinkan dan yang
belum
·
Menentukan kendali
·
Menyediakan alat pengatur
g.
Jaringan
Sistem distribusi adalah sekumpulan
prosesor yang tidak berbagi memori atau clock. Tiap prosesor mempunyai
memori sendiri. Prosesor-prosesor tersebut terhubung memlaui jaringan
komunikasi sistem terdistribusi yang menyediakan akases pengguna ke berbagai
macam sumber daya sistem. Akses tersebut menyebabkan meningkatnya:
·
Kecepatan komputer
·
Ketersediaan data
·
Kehandalan (enhanced reliability)
h. Sistem command-interpreter
Sistem operasi menunggu instruksi dapri pengguna (command
driven). Program yang membaca instruksi dan mengartikan control
statements umumnya disebut: control-card interpreter, command-line
interpreter, shell pada UNIX. Sistem command interpreter sangat
bervariasi antara satu sistem operasi dengan sistem operasi lainnya dan
disesuaikan dengan tujuan dan teknologi perangkat I/O yang ada. Contohnya CLI,
Windows, pen-based (touch), dan lain-lain.
F. KLASIFIKASI SISTEM
OPERASI
Sistem operasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1.
Berdasarkan skala arsitekturnya (bit), sistem operasi
dibedakan menjadi sistem operasi berskala 8-bit, 16-bit, 32-bit, dan 64-bit.
Sistem operasi dengan skala 8-bit dan 16-bit saat ini sudah mulai ditinggalkan,
sedangkan saat ini kebanyakan yang digunakan adalah skala 32-bit, seperti
sistem operasi Microsoft Windows NT, Windows 2000, Windows XP, LINUX, IBM
OS/400, Sun Solaris). Sedangkan yang baru dan masih jarang ditemui di pasaran
adalah skala 64-bit. Seperti Windows XP 64-bit, Digital UNIX, Open VMS, IBM AIX
for RS/6000, SGI IRIX, dan HP-UX.
2.
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan end-user interface.
o Command driven. Biasa juga disebut command line
dimana perintah sistem operasi diketikkan pada prompt perintah atau
dieksekusi melalui script file (misalnya pada sistem operasi DOS, UNIX,
atau XENIX)
o Graphical user interface (GUI). Pengguna akhir menggunakan
mouse atau alat penunjuk (pointer) yang lain untuk memilih objek yang
mewakili suatu instruksi spesifik (misalnya: semua sistem operasi Windows, IBM
OS/2, MAC-OS, LINUX)
3.
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pengguna:
o Single-user single-tasking: sistem operasi yang hanya mampu
untuk melayani satu pengguna pada satu saat untuk satu instruksi dalam satu
siklus proses (misal MS-DOS)
o Single-user multi-tasking: sistem operasi yang
hanya mampu untuk melayani satu pengguna pada satu saat tetapi mampu untuk
mengeksekusi beberapa instruksi dalam satu siklus proses (misalnya Windows 95,
IBM OS/2, MAC-OS).
o Multi-user multi-tasking: sistem
operasi yang mampu untuk melayani beberapa pengguna sekaligus dalam satu waktu
dan juga mampu untuk menjalankan beberapa instruksi sekaligus dalam satu siklus
proses.
4.
Klasifikasi sistem operasi berdasarkan pangsa pasar:
o Sistem operasi server/network,
seperti Windows NT Server, Windows XP, IBM AIX for RS/6000, Digital UNIX, Open
VMS, HP-UX, Sun Solaris, dan IBM OS/400, LINUX.
o Sistem operasi desktop,
seperti Windows 95 / Windows NT Workstation, Windows XP, LINUX, OS/2 Wrap,
MacOS, Java
o Sistem operasi Hanheld,
seperti Windows CE, GEOS, Magic Cap.
G. SISTEM OPERASI SAAT INI
Sistem
operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC,
komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Keluarga Microsoft
Windows
- yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga
versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT
(Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003,
Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows
Orient yang akan dirilis pada tahun 2014.
2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem
operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software
Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi,
dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk
komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau
Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac
OS X
versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5
(Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super
komputer
menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan
turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX,
HP/UX, dll.
2.3
PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK PAKET APLIKASI
1. Opera (Browsing
Web)
Opera adalah program untuk browsing web
yang diterbitkan oleh Opera Software. Program ini memiliki fungsi dasar seperti
browsing, chatting, menerima email, download file via bittorent, dll. Opera
adalah penjelajah
web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri
dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta
perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera
dibuat oleh Opera
Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat
dijalankan di berbagai sistem
operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris,
FreeBSD dan Linux.

2. Microsoft Word
(Pengolahan Huruf)
Microsoft Word atau
Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
Multi-Tool Word untuk Xenix,
versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh
(1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi
bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Microsoft Word adalah pogram non-free commercial word processor buatan
Microsoft. Diterbitkan pertama kali tahun 1983 untuk Xenix system. Dan kemudia
diperuntukkan bagi IBM (1983), Macintosh (1984), Unix (1985), Atari ST (1986),
SCO UNIX, OS/2, Microsoft Windows(1989)

3. Microsoft Excel
(Pengolahan Angka dan laporan)
Microsoft Excel atau
Microsoft Office Excel adalah sebuah program
aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini
memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi
marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu
program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat
ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak
digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC
berbasis Windows maupun platform Macintosh
berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0
diterbitkan pada tahun 1993.
Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft
Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office
Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office
System 2007.

4. Microsoft
PowerPoint (Program Persentasi)
Microsoft
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program
komputer untuk presentasi yang
dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran
mereka, Microsoft
Office, selain Microsoft
Word, Excel, Access
dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC
berbasis sistem
operasi Microsoft
Windows dan juga Apple Macintosh
yang menggunakan sistem
operasi Apple Mac OS, meskipun pada
awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat
banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para
pendidik, siswa,
dan trainer. Dimulai pada
versi Microsoft
Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya
Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru
dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang
tergabung ke dalam paket Microsoft
Office System 2007.

5.VLC
Media Player
VLC adalah multimedia
player, encoder dan streamer yang mampu memutar banyak audio dan video codec
serta DVD, VCD, dan protocol streaming lainya. Mampu men-streaming ke web dan
menyimpannya dalam berbagai format. VLC adalah singkatan dari Video Lan Client.
Namun, karena VLC tidak lagi hanya client, inisial ini tidak berlaku .VLC Media
Player merupakan sebuah multimedia player tools yang dapat memainkan berbagai
file multimedia maupun DVD, Audio CD, VCD, dan berbagai protokol streaming. VLC
Media Player merupakan salah satu aplikasi Multimedia open source terlaris
didunia. Hal ini dikarenakan VLC Media Player dapat memainkan banyak jenis file
format audio video tanpa harus menambahkan codex ataupun program tambahan
lainnya.


BAB III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Perkembagangan peralatan hardware
komputer sekarang ini semakin banyak dan semakin canggih dan memudahkan kita
dalam menggunakannya. Namun disamping perkembangannya semakin canggih,
peralatan tersebut harganya juga semakin mahal.
Segala peralatan
yang dibutuhkan komputer kini yaitu segala jenis hardware kini semakin banyak
pilihan, dan segala merk yang menyuguhkan kelebihan dan keunggulan
masing-masing.
3.2 SARAN
Melihat begitu pesat dan canggihnya perkembangan komputer, kami
mengajak kita semua agar pandai – pandai memilih suatu peralatan komputer,
khususnya alat hardware komputer.
Karena dari perkembangan alat – alat output device itu tentu juga
dibarengi oeh mahalnya peralatan output device tersebut. Pada dasarnya
peralatan – peralatan tersebut memiliki fungsi yang sama dan semua memiliki
kelebihan serta kekurangan masing – masing. Jadi dalam memilih atau membeli
peralatan sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita masing –
masing.
Dengan
makalah ini di harapkan dapat menambah wawasan teknologi di masa kini.
DAFTAR PUSTAKA
·
Admin.2011.Pengertian
Hardware (Perangkat Keras) Komputer. Sumber : http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-hardware-perangkat-keras-komputer/
·
Juniwati. Pemanfaatan
Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan. Sumber:http://www.kamadeva.com/index-menu-newsnewsidtiduniapendidikan/
·
Romansyah,
Roma. 2009. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang
Pendidikan di Indonesia. Sumber : http://romansyah2006.wordpress.com/2009/09/04/perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-bidang-pendidikan-diindonesia.html/
·
Sumber:http://rudihd.wordpress.com/2008/03/14/perangkat-keras-komputer-output-device/
Komentar
Posting Komentar